Aparat Gabungan Tertibkan PETI di Sungai Tabong, Satu Excavator Berhasil Disita

oleh -
PETI di Sungai Tabong
Tim gabungan TNI dan Polri membakar pondok para penambang illegal saat penertiban Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Sungai Tabong, Desa Kokobuka, Kecamatan Tiloan, Kabupaten Buol, pada Kamis 19 Januari 2023. FOTO : IST

TOLITOLI, WARTASULAWESI.COM – Tim gabungan TNI dan Polri berhasil melakukan penertiban aktifitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Sungai Tabong, Desa Kokobuka, Kecamatan Tiloan, Kabupaten Buol, pada Kamis 19 Januari 2023.

Dalam operai ini, aparat gabungan dari Polres Tolitoli, Polres Buol, Kodim 1305 Buol-Tolitoli dan sub-Den POM XIII /2-1 itu berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yang digunakan untuk melakukan aktifitas tambang illegal di Sungai Tabong.

Barang bukti yang berhasil diamankan yakni 1 unit alat berat Excavator dan tiga unit mesin diesel serta genset milik para penambang emas di lokasi tersebut.

Kapolres Tolitoli AKBP Ridwan Raja Dewa yang dikonfirmasi membenarkan telah dilakukan penertiban di lokasi tambang emas Sungai Tabong.

“Sudah, diamankan 1 unit exsavator dan beberapa mesin diesel. Untuk Proses tindak lanjutnya akan dilakukan oleh Polres Buol, karena lokasi berada di Kabupaten Buol,” jelas Kapolres tolitoli melalui layanan WhatsApp, pada Kamis 19 Januari 2023 petang.

Kapolres Tolitoli mengatakan, operasi ini dilakukan sebagai bentuk respon atas maraknya aktifitas penambangan di kawasan Sungai Tabong yang sebelumnya juga sudah pernah ditertibkan.

Saat tim gabungan tiba di lokasi, puluhan orang yang sedang melakukan penambangan emas secara ilegal tersebut lari berhamburan menghindari penertiban.

Dalam operasi tersebut, aparat melakuka pembersihan dengan merusak pondok yang digunakan para penambang. Hal itu dilakukan agar para penambang ilegal itu tidak kembali lagi untuk melakukan penambangan illegal di lokasi itu.

Terpisah, Kapolres Buol AKBP Handri Wira Suriyana yang turut serta melakukan operasi menegaskan, bahwa siapapun pelaku penambangan illegal di sungai Tabong yang masuk wilayah hukumnya akan diproses secara hukum.

“Siapapun orangnya, jika terbukti terlibat dalam kegiatan illegal ini, akan kami proses,” tegas Kapolres.

Kapolres Buol mengatakan, operasi gabungan ini dilakukan sebagai bentuk sinergitas TNI-Polri dalam menjalankan tugas penertiban tambang ilegal.

“Karena untuk menertibkan tambang illegal butuh sinergitas TNI-Polri dan peran masyarakat. Mustahil bisa berhasil jika tidak ada peran semua pihak,” katanya.

Untuk diketahui, Tim gabungan Polres Tolitoli yang terjun ke lokasi Kabag Ops Kompol Alfius bersama Kasat Reskrim Polres Tolitoli, Iptu Ismail SH serta Kasat Sabhara.

Sedangkan personel Polres Buol dipimpin langsung oleh Kapolres Buol Kapolres Buol AKBP Handri Wira Suriyana.

Sementara dari unsur TNI–AD dipimpin Pasi Intel Kodim 1305-BT, Kapten Roy bersama personil Polisi Militer Densub POM XIII /2-1 Tolitoli Buol. (TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.