Gubernur Rusdy Mastura Tegaskan Kepada Semua Kepala Desa Bahwa Sulteng Adalah Penopang IKN

oleh -
oleh
Rusdy Mastura
Gubernur Rusdy Mastura saat berkomunikasi secara virtual melalui Program "Gubernur Sulteng Menyapa Kepala Desa”di 4 kabupaten yaitu Kabupaten Poso, Kabupaten Tojo Una-una, Kabupaten Morowali dan Kabupaten Morowali Utara, Selasa (11/06/2024). FOTO : HUMAS PEMPROV SULTENG

PALU, WARTASULAWESI.COM – Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura menegaskan kepada semua Kepala Desa bahwa Sulteng adalah penopang Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di Kalimantan Timur.

Hal itu disampaikan Gubernur Rusdy Mastura saat berkomunikasi secara virtual melalui Program “Gubernur Sulteng Menyapa Kepala Desa”di 4 kabupaten yaitu Kabupaten Poso, Kabupaten Tojo Una-una, Kabupaten Morowali dan Kabupaten Morowali Utara.

Program tersebut menjadi spesial, karena Bupati Poso dr. Verna Gladies M.Inkiriwang juga terhubung secara daring dan dipandu dengan apik oleh Kadis Kominfo Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano Lamangkona di ruang kerjanya, Selasa (11/06/2024).

Turut hadir mendampingi gubernur, Kadis Sosial Dra.Sitti Hasbiah N.Zaenong,M.Si, Kadis PMD Drs.Mohamad Nadir,M.Si, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Nelson Metubun,SP, Sek Bappeda Dinwar dan Kabid Bappeda Dr.Irwan.

Kesempatan itu, Gubernur H.Rusdy Mastura membeberkan agenda besar Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah ke depan dalam rangka menjadi daerah penopang IKN Nusantara di Kalimantan serta penyangga kebutuhan industri di Sulawesi Tengah, diantaranya : digitalisasi desa, petani milenial dan peternakan.

Jelang 3 tahun memimpin Sulawesi Tengah bersama Wagub Ma’mun Amir, lanjut gubernur menyampaikan capain Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terus menunjukkan kinerja positif dan diakui pemerintah pusat melalui K/L terkait, antara lain : ekonomi Sulawesi Tengah untuk tahun 2023 tumbuh sebesar 11,91 % berada di atas rata-rata Nasional yakni 5,05%, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Sulawesi Tengah mengalami peningkatan dari 70,54 poin (2022) menjadi 71,66 poin (2023), Menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari 3,75 % (2022) menjadi 2,95 % (2023), Menurunkan Angka Kemiskinan Ekstrim dari 3,02 % (2022) menjadi 1,44 % (2023).

Di sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mengalami lompatan yang sangat signifikan dari Rp 900 miliar menjadi Rp 2,059 triliun per Maret 2024 dan realisasi investasi juga mengalami peningkatan yakni sebesar Rp 111,98 triliun (2023) melebihi target yang diberikan sebesar Rp 111,68 triliun.

Namun satu hal yang pasti, lompatan tersebut di atas bisa diraih berkat kerjasama dan dukungan semua stakeholder, termasuk para kepala desa sebagai ujung tombak penyelenggara pemerintahan dan pembangunan yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

Dengan ikhtiar membangun daerah, Gubernur H.Rusdy Mastura mengajak seluruh kepala desa untuk terus berkolaborasi serta membangun sinergi yang kuat dan tangguh menuju Sulawesi Tengah yang lebih Sejahtera dan Maju.

Sementara, Kadis Kominfo Sudaryano R Lamangkona menuturkan program tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi sekaligus mendengarkan langsung aspirasi para kepala desa terkait permasalahan dilapangan. ***

No More Posts Available.

No more pages to load.