Anggota DPRD Sulteng Hadiri Peresmian Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufri Palu

oleh -
DPRD Sulteng
Anggota Komisi I DPRD Provinsi Sulteng Ir.Elisa Bunga Allo.MM saat menghadiri peresmian Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufri Kota Palu, Selasa (26/03/2024). FOTO : HUMPRO DPRD SULTENG

PALU, WARTASULAWESI.COM – Ketua DPRD Provinsi Sulteng diwakili Anggota Komisi I DPRD Provinsi Sulteng Ir.Elisa Bunga Allo.MM menghadiri peresmian Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufri Kota Palu, Selasa (26/03/2024).

Bandara ini diresmikan langsung Presiden RI Joko Widodo, serta dihadiri Guberur Sulteng H. Rusdy Mastura, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Pihak Director Indonesia Resident Mission ADB, Sekjen Kemenhub RI, Irjen Kemenhub RI, Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen Perhubungan Laut, Ketua Kadin Provinsi Sulteng yang juga selaku Anggota DPRD Provinsi Sulteng Moh.Nur Dg.Rahmatu, Ketua Kadin Provinsi Sulawesi Tenggar .Anton Timbang, Unsur Forkopimda Sulteng, Para Pejabat Eselon I Kemenhub RI, serta para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Bandara Mutiara Sis-Aljufri Palu sangat penting dalam menunjang pertumbuhan perekonomian daerah maupun nasional.

“Bandara sangat berperan penting dalam mempercepat mobilitas masyarakat maupun barang ketempat tujuan, sehingga peran bandara sangatlah penting,” kata Presdidan saat menyampaikan sambutan.

Presiden menyebut hal itu lah yang melandasi perbaikan Bandara Mutiara Sis-Aljufri Palu yang rusak akibat bencana gempa bumi pada tahun 2018 silam. Dengan selesainya perbaikan diharapkan dapat meningkatkan akselerasi kemajuan daerah dengan pertumbuhan ekonomi di Sulteng.

Presiden Joko Widodo juga menyampaikan bahwa pengerjaan rehabilitasi dan rekonstruksi pada Bandara Mutiara Sis-Aljufri Palu telah menghabis anggaran sebesar Rp567 miliar yang terdiri dari pekerjaan penambahan pada landasan pacu atau runway dengan panjang 2.510 meter dan lebar 45 meter, serta perbaikan pada bagian terminal bandara sebagai penunjang operasional bandara.

Dengan ketambahan panjang landasan pacu atau runway, maka Bandara Mutiara Sis-Aljufri Palu suda bisa didarati pesawat berbadan lebar dan besar, sehingga kedepannya pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah akan lebih baik.

Selain bandara Sis-Aljufri Palu, Presiden Jokowi juga meresmikan sejumlah bandara lainnya secara virtual, yakni Bandar Udara Banggai Laut di Kabupaten Banggai Laut Provinsi Sulteng, Bandar Udara Bolaang Mongondow di Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara, serta Bandar Udara Taman Bung Karno di Kabupaten Sitaro Provinsi Sulawesi Utara.

Anggota DPRD Provinsi Sulteng Ir. Elisa Bunga Allo.MM, yang hadir pada kesempatan tersebut yang menyampaikan, dengan dilakukannya peresmian Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufri Palu pasca dilakukannya rehabilitasi dan rekonstruksi, dapat mendongkrak pertumbuhan perekonomian Provinsi Sulteng yang semakin lebih baik, serta dapat meningkatkan kecepatan mobilitas masyarakat dan juga barang ke Provinsi Sulteng dan juga yang keluar dari Provinsi Sulteng.

“Provinsi Sulteng yang merupakan negeri 1000 megalitikum ini, merupakan salah satu daerah penyanggah utama dari keberlangsungan Ibu Kota Nusantara (IKN), sehingga sangat patut dan penting jika Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufri Palu dilakukan rehabilitasi dan rekonstruksi,” ujar politisi PDIP ini. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.