Pilkada Kota Palu, Kartini Malarangan; Kalau Ada Yang “Lamar” Saya Bismillah

oleh -
Kartini Malarangan

PALU, WARTASULAWESI.COM – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palu pada 27 November 2024 mendatang, makin menarik untuk diikuti karena bisa jadi banyak kejutan – kejutan yang akan  terjadi.

Salah satu kejutan yang bisa saja terjadi adalah, majunya Akademisi Universitas Tadulako (Untad), Dr. Hj. Kartini Malarangan, SH, MH dalam perhelatan demokrasi lima tahunan itu.

Owner Vinar Catering ini sejak tiga tahun terakhir, balihonya banyak bertebaran di berbagai sudut Kota Palu, sehingga memunculkan berbagai spekulasi apakah salah satu srikandi Kota Palu ini akan maju di Pilkada Kota Palu atau hanya sekedar bersosialisasi saja.

Kartini Malarangan yang dikonfirmasi terkait maju atau tidaknya dia di Pilkada Kota Palu, secara terbuka mengatakan, dirinya bisa saja maju dalam Pilkada Kota Palu jika ada Calon Wali Kota yang “melamar” dirinya sebagai 02.

“Saya siap jadi 02, jika ada Calon Wali Kota yang melamar. Itupun akan saya liat dulu sekuat apa figurnya, karena jika saya terima maju di pilkada, itu artinya saya akan mundur dari akademisi Untad,” ujar Kartini Malarangan kepada wartasulawesi.com, Selasa (2/3/2024).

Kartini Malarangan mengaku, dirinya sadar diri untuk tidak maju sebagai Calon Wali Kota atau sebagai 01, karena masih baru dalam dunia politik.

“Sebenarnya, banyak orang bertanya – tanya ke saya setelah liat baliho – baliho saya. Namun saya katakan, liat situasi dan perkembangan politik dulu. Namun jika memang ada yang “melamar” saya sebagai 02 dan figurnya kuat, ya kenapa tidak,” ujarnya.

Meski demikian, Kartini Malarangan mengaku sampai saat ini dirinya juga belum punya tim sebagaimana pada umumnya jika orang maju dalam pilkada. Namun dalam beberapa pekan terakhir, sudah ada Calon Wali Kota yang menghubunginya dan memintanya untuk terus melakukan sosialisasi agar lebih dikenal luas dimasyarakat.

“Sudah ada Calon Wali Kota yang hubungi saya dan meminta saya untuk terus melakukan sosialisasi di masyarakat,” ujarnya tanpa menyebut sosok Calon Wali Kota itu.

Kartini Malarangan mengaku, dia masih terus membuka komunikasi dengan siapa saja Calon Wali Kota yang berminat berpasangan dengan dirinya termasuk petahana saat ini. Kartini Malarangan mengaku, figur petahana Hadianto Rasyid memang menjadi salah satu figur yang masih sangat kuat.

“Pak Hadianto, masih termasuk figur Calon Wali Kota yang masih kuat. Jika beliau melakukan komunikasi, tentu saja saya siap,” ujarnya melalui sambungan telepon.

Namun sampai saat ini, Kartini Malarangan mengaku belum pernah berkomunikasi baik secara langsung ataupun melalui orang – orang petahana Hadianto Rasyid.

“Saya ini akan hanya siap sebagai 02, jadi tidak mungkin lah saya yang kesana – kemari menawarkan diri kepada Calon Wali Kota. Jadi, prinsipnya saya menunggu saja. Kalau ada yang berkomunikasi dan cocok, saya siap saja,” tegasnya.

Nama Kartini Malarangan, memang mulai familiar ditelingan masyarakat Kota Palu. Selain karena banyaknya baliho – baliho dengan ukuran besar yang terpajang di berbagai sudut Kota Palu, juga karena banyaknya organisasi kemasyarakatan yang dipimpinnya.

Sebuat saja beberapa diantaranya yakni Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Provinsi Sulawesi Tengah, Ketua The Universal Line Dance (d’ULD) Provinsi Sulawesi Tengah, Ketua Korwil Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) Indonesia Timur, Bendahara Pokdarkamtibmas Sulteng, serta Ketua Panitia Sulteng Road To Fornas KORMI di Bandung, Jawa Barat Juli 2023 lalu.

Kartini Malarangan bahkan juga pernah terlibat sebagai Timsel Bawaslu dan KPU Sulteng yang saat ini sedang menjabat. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.