Soal Rasyidi Bakry, Begini Tanggapan Pengamat Politik Untad dan Ketua Timsel Calon Anggota Bawaslu Sulteng

oleh -
Calon Anggota Bawaslu Sulteng
Pengalat Politik, Dr. Salmet Riyadi Canted an Ketua Timsel Bawaslu Sulteng Dr. Kartini Malatangan. FOTO : IST

PALU, WARTASULAWESI.COM – Terkait dengan mencuatnya nama salah satu Calon Anggota Bawaslu Sulteng Rasyidi Bakry yang lolos enam besar namun pernah jadi Tim Sukses pada Pilkada Gubernur tahun 2020 lalu, mendapat tanggapan dari pengamat politik Universitas Tadulako (Untad) Dr. Salamet Riyadi Cante.

Kepada wartawan, Akademisi Untad ini mengatakan, menjadi penyelenggara dan pengawas Pemilu tidak hanya paham masalah kepemiluan semata, namu juga masalah integritas dan independesi dari seorang penyelenggara dan lembaga Bawaslu itu sendiri.

“Saya belum dapat aturan terkait larangan orang yang pernah jadi tim sukses tidak boleh mendaftar Anggota Bawaslu, tapi menurut saya ini soal etik dan soal independensi,” ujar Dr. Slamet Riyadi Cante kepada wartasulawesi.com pada Jumat (6/8/2022).

Dikatakan, walaupun secara spesifik tidak ada yang mengatur bahwa yang pernah jadi tim sukses tidak boleh jadi Anggota Bawaslu, namun masalah ini berkaitan erat dengan masalah etik.

Olehnya, pengamat politik Untad ini mendorong Timsel agar transparan kepada publik terkait proses seleksi dan semua tahapan dipublikasikan, termasuk masalah penilaian calon Anggota Bawaslu Sulteng.

“Karena ini soal etik, sebab tidak ada aturan yang melarang dan menghalanginya, maka disinilah pentingnya ada uji publik, sehingga ada masukkan masyarakat,” katanya.

Terkait dengan hasil enam orang yang telah diplenokan oleh Timsel, Slamet Riyadi Cante meminta kepada Timsel agar memberikan catatan dari nama – nama yang mendapat laporan masyarakat untuk di ajukan ke Bawaslu RI sebagai pertimbangan Bawaslu dalam memilik Calon Anggota Bawaslu Sulteng yang akan ditetapkan.

“Semoga bisa menjadi pertimbangan dari Timsel, untuk memberikan catatan masukkan masyarakat agar jadi pertimbangan Bawaslu RI,” tandasnya.

Sementara Ketua Timsel, Dr. Kartini Malarangan yang dikonfirmasi terkait keterlibatan Rasyidi Bakry sebagai Tim Sukses Pilkada 2020 mengaku, hingga pada penentuan 12 nama sampai 6 nama Timsel belum mendapatkan laporan masyarakat terkait Rasyidi Bakry.

“Sampai sekarang, belum ada (laporan) yang kami terima secara resmi,” ujar Kartini Malarangan menjawab konfirmasi media ini.

Akademisi Universitas Tadulako ini, meminta kepada para pihak yang mengetahui keterlibatan Rasyidi Bakry dalam Pilkada untuk melaporkan hal itu secara resmi. Termasuk calon – calon lain, jika ada yang menemukan keterlibatannya di politik untuk melaporkan juga secara resmi.

“Semoga ada masyarakat yang masukkan laporan, karena kami sifatnya tidak bisa memaksa siapa saja yang ingin buat laporan. Itu harus dipersonnya yang merasa terpanggil tuk melapor,” jelas Kartini Malarangan.

Saat ditanyakan apakah enam nama akan tetap dikirim meskipun ada laporan, Kartini Malarangan menegaskan bahwa Timsel akan tetap mengirim nama itu, namun akan dilampirkan catatan laporan masyarakat.

“Semua ttp kami kirim, cuma sdh ada catatan/lampiran laporan masyarakat,” tandasnya.

Dari penelusuran media ini, Rasyidi Bakry pernah menjadi Ketua JAWARA (Jaringan Relawan Rakyat Loyalis Anwar Hafid) Sulteng yang kemudian pada 23 September 2020, mengaihkan dukungan kepada pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Rusdy Mastura – Ma’mun Amir pada Pilkada tahun 2020 lalu.

JAWARA yang diketuai Rasyidi Bakry mengalihkan dukungan kepada Pasangan Rusdy Mastura – Ma’mun Amir, karena Anwar Hafid kala itu tidak mendapatkan “perahu” politik atau Partai Politik pengusung, sehingga Anwar Hafid batal maju sebagai Calon Gubernur Sulteng berpasangan dengan Sigit Purnomo Said alias Pasha Unggu.

Dalam deklarasi Dukungan Loyalis Anwar Hafid (AH) For Rusdy – Ma’mun yang digelar di Warkop Kapeo 23 September 2020 lalu, Rasyidi Bakry sempat menjadi salah satu doklarator beralihnya dukungan JAWARA dari Anwar Hafid kepada pasangan Rusdy Mastura – Ma’mun Amir. MH/*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.