Padukan Tiga Komponen Teknologi Tinggi Sekaligus; New Suzuki Ertiga Smart Hybrid, Nyaman dan Berkelas

oleh -
oleh
Suzuki Ertiga Smart Hybrid
Direktur MAL Online, Moh. Rifai saat melihat –lihat komponen teknologi Suzuki Ertiga Smart Hybrid sesaat sebelum test driver di PT. Partako Motor Abadi, Selasa (28/6/2022). FOTO : WARTASULAWESI.COM/MAHFUL

PALU, WARTASULAWESI.COM –  New Suzuki Ertiga Smart Hybrid yang resmi diluncurkan di Kota Palu pada 25 Juni 2022 di Atrium Grand Mall Palu, memaduka tiga teknologi tinggi sekaligus sehingga membuat mobil ini nyaman dan berkelas.

Trainer For Training (TFT) PT. Patrako Motor Abadi, Iskandar Alfan Latjambo kepada sejumlah wartawan sesaat sebelum kegiatan tast driver bagi kalangan wartawan menjelaskan, tiga teknologi yang dipadukan di New Suzuki Ertiga Smart Hybrid yakni;

Pertama, mesin Compact Engine K15B, DOHC dan VVT yang terdiri dari Displacement 1462 CC (Dibulatkan jadi 1.500 cc), Compression Ratio 10.5, Daya Maksimal 104.7 PS/6.000 rpm, Torsi Maksimal 138 Nm/4.400 rpm, Sistem Injeksi Multi Point Injection dan sistem penggerak roda depan.

“Sehingga mesin ringan,kuat tenaga dan torsi lebih besar pada rpm rendah serta performa mobil lebih powerful, responsive saat berjalan di berbagai medan dan irit BBM,” jelas Iskandar.

Kedua, Integrated Starter Generator (ISG) memiliki dua fungsi yakni; Pertama, sebagai generator yang menangkap dan meyimpan energi ke baterai saat deselerasi atau perlambatan. Kedua, sebagai motor yang memberikan tambahan tenaga ke mesin saat akselerasi.

“ISG merupakan komponen dari Suzuki Smart Hybrid yang berfungsi sebagai generator dan motor, sehingga membuat kendaraan lebih irit dan saat restar mesin lebih halus,” terang Iskandar.

Ketiga, Battery Lithium Ion (6Ah 12V). Fungsinya, mengisi daya lebih cepat dan daya tahan lama, terletak di bawah kursi penumpang depan, pada MID, fungsi Idling Stop akan berfungsi jika daya baterai minimal 3 bar, serta dilengkapi dengan Cover Kedap Udara sehingga baterai Aman dari cipratan air.

Yang diback up Battery Lithimum Ion kata Iskandar, yakni system pengapian, bahan bakar, emission control, combinasi meter dan audio/navigasi.

“Battery Lithimum Ion merupakan komponen Suzuki Smart Hybrid yang dapat menggantikan peran mesin saat posisi Engine Auto Stop untuk tetap menghidupkan komponen kelistrikan kendaraan dan juga berperan mensuplai tenaga ke ISG saat akselerasi,” papar Iskandar.

Selanjutnya kata Iskandar, komponen lain dari Suzuki Smart Hybrid yakni Lead Acid Battery (ACCU) yang menggunakan Tipe ACCU N55-42Ah (lebih memerlukan daya lebih tinggi terletak di ruang mesin). Hal yang di back up battery Accu yakni Blower AC, Extra Fan AC, lampu-lampu interior dan exterior, Mirror/Spion dan Power window.

“Battery ACCU merupakan komponen Suzuki Smart Hybrid yang dapat menggantikan peran mesin saat posisi Enginf Auto Stop untuk tetap menghidupkan komponen kelistrikan kendaraan danjuga berperan saat Restart Engine yang lebih halus,” tandas Iskandar.

Sementara Diretur MAL Online, Moh. Rifai usai melakukan test driver mengaku, sangat terkesan dengan komponen teknologi yang dimiliki Suzuki Smart Hybrid.

“Teknologi Suzuki Ertiga Smart Hybrid sangat luar biasa. Mobilnya nyaman, mewah, dan sangat berkelas. Cocok untuk konsumen yang ingin merasakan sensasi baru berkenderaan,” tandas Moh. Rifai. MH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.